Sunday 11 November 2012

Sifat Khas Senyawa Ion

Assalamualaikum.
Hai haaaai :D. Yang pengen gue share sekarang adalah tentang Properties of Ionic Substances, ceki-ceki;

1. Titik leleh
Titik lelehnya tinggi. Hal ini dihasilkan dari gaya elektrostatik antara anion & kation dan dari lattice structure (pola- pola struktur geometri). Kita ambil contoh NaCl, setiap ion natrium menarik enam ion klorida, begitu juga setiap ion klorida menarik enam ion natrium. Biasanya ikatan ionik kuat dan arah ikatannya omnidirectional. Walaupun begitu, intan, dimana terdapat ikatan kovalen didalamnya, memiliki titik leleh yang sangat tinggi pula.
Struktur NaCl,type: face center cubic (fcc)
Yang hitam Na dan yang putih Cl ya
picture from here
2. Larut dalam pelarut polar

3. Konduktivitas listrik
Means aliran elektron. Rendah dalam bentuk padatan dan meningkat tajam dalam bentuk lelehan, hal ini dipengaruhi oleh keberadaan ion- ion yang bergerak bebas. Berbeda dengan di padatan, dimana ion- ion terikat erat dalam kisi dan tidak bebas untuk berpindah dan membawa muatan listrik.

4. Wujud yang keras dan rapuh.
Senyawa ionik biasanya berwujud keras namun rapuh *pas dosen bilang gini, nyamuk-nyamuk dikelas langsung pada labil, haha. Kekerasan zat-zat ionik related dengan penjelasan diatas. Kecenderungan untuk (juga) berwujud rapuh merupakan hasil dari sifat alami ikatan ionik; jika ada kekuatan yang cukup besar untuk menggantikan ion (misal dengan dihancurkan), maka kristal (biasanya senyawa ionik berwujud kristal) tidak hanya akan patah di satu sisi, namun ikatan diseluruh tempat. Posisi salah satu ion akan berpindah sehingga kontak ion sejenis (kation- kation atau anion- anion) akan terjadi dan kemudian akan terpisah sehingga kristalpun terpisah.
picture from here
a

picture from here
b

sumber:
Catetan kuliah
Huuhey, James E., 1983, Inorganic Chemistry Principles of Structure and Reactivity, New York: Harper International.
Sumber gambar yang sesuai link

Kalau ada yang mau menambahkan, tuliskan komentar dibawah yah. Sharing aja :).

Goodnight, ga nyangka udah jam segini
Besok kelas biokim I belajar tentang enzim
dan ada pretest biokim, Lemak.
Wish me luck yaaa, doain semangat gue terjaga
*efek udah tau akan ada long weekend
Selamat istirahat sweety :)

No comments:

Post a Comment