Friday 2 November 2012

1 November 2012; Uji Kualitatif Karbohidrat


Kemarin (1 Nov 2012) ga ada kelas, jadi ga ada catetan kuliah baru.
Walaupun begitu, masih ada hal yang pingin gue share, ceki- ceki:

Uji Kualitatif Karbohidrat

1. Uji Anthrone
Uji anthrone ini untuk mengetahui/ menentukan adanya heksosa, aldopentosa, asam heksuronat dan polisakarida (kecuali untuk ketosa). Hasil positifnya akan memunculkan warna hijau pada larutan.

2. Uji Asam Pikrat
Uji pikrat ini dilakukan untuk menguji adanya gugus pereduksi. Hasil positif akan memunculkan warna orange (awalnya kuning).

3. Uji Foulger
Uji foulger untuk mengidentifikasi adanya ketosa dalam suatu karbohidrat. Nah, ada yang pernah denger Uji Seliwanof? YA, emang sama, cuman kalau hasil positif uji Seliwanof membentuk warna merah sedangkan kalau uji foulger mennunjukkan warna biru.

4. Uji Iodine
Iji iodine dilakukan untuk membedakan amilum dan glikogen. Nah kalau positif amilum, larutan akan memunculkan warna ungu, yang mana warna tersebut merupakan kompleks dari I-amilum. Uji ini sangat dipengaruhi oleh suasana larutannya. Pada suasana basa, larutan akan menunjukkan hasil negatif karena pada suasana basa, kompleks amilum-I segera terurai dan I2 akan mengalami reaksi autoredoks membentuk I- dan IO3-.

5. Uji Asam Musat
Uji ini dilakukan untuk membedakan galaktosa dengan monosakarida lain yang bersifat pereduksi. Prinsipnya adalah mereaksikan larutan gula (sampe) tersebutl dengan asam nitrat (HNO3) pekat. Jika suatu monosakarida aldosa dioksida dengan menambahkan asam nitrat (HNO3) pekat maka gula tersebut akan dioksidasi menjadi asam aldarat/ asam dikarboksilat, namun galaktosa akan menghasilkan asam musat yang sukar larut dalam air. Fungsi HNO3 disini adalah sebagai oksidator.

Sorry for late posting, gini nih, kalau ada waktu kosong masih kurang maksimal memanfaatkannya. Masih belajar biar ga jadi procrastinator, hiyah.

Untuk yang baru di hari ini, nanti ya, baru pulang nih, heheh. Dadaaawh :p :).

No comments:

Post a Comment